kecilkan semua  

Teks -- Kisah Para Rasul 2:17-47 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
2:17 Akan terjadi pada hari-hari terakhir -- demikianlah firman Allah -- bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia; maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat, dan teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan, dan orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi. 2:18 Juga ke atas hamba-hamba-Ku laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu dan mereka akan bernubuat. 2:19 Dan Aku akan mengadakan mujizat-mujizat di atas, di langit dan tanda-tanda di bawah, di bumi: darah dan api dan gumpalan-gumpalan asap. 2:20 Matahari akan berubah menjadi gelap gulita dan bulan menjadi darah sebelum datangnya hari Tuhan, hari yang besar dan mulia itu. 2:21 Dan barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan. 2:22 Hai orang-orang Israel, dengarlah perkataan ini: Yang aku maksudkan, ialah Yesus dari Nazaret, seorang yang telah ditentukan Allah dan yang dinyatakan kepadamu dengan kekuatan-kekuatan dan mujizat-mujizat dan tanda-tanda yang dilakukan oleh Allah dengan perantaraan Dia di tengah-tengah kamu, seperti yang kamu tahu. 2:23 Dia yang diserahkan Allah menurut maksud dan rencana-Nya, telah kamu salibkan dan kamu bunuh oleh tangan bangsa-bangsa durhaka. 2:24 Tetapi Allah membangkitkan Dia dengan melepaskan Dia dari sengsara maut, karena tidak mungkin Ia tetap berada dalam kuasa maut itu. 2:25 Sebab Daud berkata tentang Dia: Aku senantiasa memandang kepada Tuhan, karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah. 2:26 Sebab itu hatiku bersukacita dan jiwaku bersorak-sorak, bahkan tubuhku akan diam dengan tenteram, 2:27 sebab Engkau tidak menyerahkan aku kepada dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan. 2:28 Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; Engkau akan melimpahi aku dengan sukacita di hadapan-Mu. 2:29 Saudara-saudara, aku boleh berkata-kata dengan terus terang kepadamu tentang Daud, bapa bangsa kita. Ia telah mati dan dikubur, dan kuburannya masih ada pada kita sampai hari ini. 2:30 Tetapi ia adalah seorang nabi dan ia tahu, bahwa Allah telah berjanji kepadanya dengan mengangkat sumpah, bahwa Ia akan mendudukkan seorang dari keturunan Daud sendiri di atas takhtanya. 2:31 Karena itu ia telah melihat ke depan dan telah berbicara tentang kebangkitan Mesias, ketika ia mengatakan, bahwa Dia tidak ditinggalkan di dalam dunia orang mati, dan bahwa daging-Nya tidak mengalami kebinasaan. 2:32 Yesus inilah yang dibangkitkan Allah, dan tentang hal itu kami semua adalah saksi. 2:33 Dan sesudah Ia ditinggikan oleh tangan kanan Allah dan menerima Roh Kudus yang dijanjikan itu, maka dicurahkan-Nya apa yang kamu lihat dan dengar di sini. 2:34 Sebab bukan Daud yang naik ke sorga, malahan Daud sendiri berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: 2:35 Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kaki-Mu. 2:36 Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus." 2:37 Ketika mereka mendengar hal itu hati mereka sangat terharu, lalu mereka bertanya kepada Petrus dan rasul-rasul yang lain: "Apakah yang harus kami perbuat, saudara-saudara?" 2:38 Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus. 2:39 Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita." 2:40 Dan dengan banyak perkataan lain lagi ia memberi suatu kesaksian yang sungguh-sungguh dan ia mengecam dan menasihati mereka, katanya: "Berilah dirimu diselamatkan dari angkatan yang jahat ini."
Cara hidup jemaat yang pertama
2:41 Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa. 2:42 Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa. 2:43 Maka ketakutanlah mereka semua, sedang rasul-rasul itu mengadakan banyak mujizat dan tanda. 2:44 Dan semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama, 2:45 dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing. 2:46 Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati, 2:47 sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · alam maut the place of departed spirits (NIV notes); the unseen world (YC)
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · dunia orang mati the place of the dead
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · kerajaan maut the place of departed spirits (NIV notes); the unseen world (YC)
 · Nazaret a town in lower Galilee about halfway between the Sea of Galilee and the Mediterranean Sea
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Petrus a man who was a leader among the twelve apostles and wrote the two epistles of Peter
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation


Topik/Tema Kamus: Petrus | Hari Raya Pentakosta | Bait Allah /Bait Suci | Yoel | Aku, Pengakuan Terhadap Kristus | Antonia | Nabi | Kisah Para Rasul | Daud | Roh Kudus | Kebangkitan | Sifat Atau Keadaan Kemanusiaan Kristus | Baptis, Baptisan | Sukacita | Anugerah Roh Kudus | Sifat Hati Yang Dibaharui | Baptis, Baptisan Roh Kudus | Gelar Dan Nama Yang Diberikan; Kepada Kristus | Janji Allah | Ilham Roh Kudus | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kis 2:14-40 - KHOTBAH PETRUS PADA HARI PENTAKOSTA. Nas : Kis 2:14-40 Khotbah Petrus ketika itu, bersama dengan khotbahnya dalam Kis 3:11-26, berisi pola untuk pemberitaan Injil. 1) Yesus adalah...

Nas : Kis 2:14-40

Khotbah Petrus ketika itu, bersama dengan khotbahnya dalam Kis 3:11-26, berisi pola untuk pemberitaan Injil.

  1. 1) Yesus adalah Tuhan dan Kristus -- tersalib, bangkit, dan dimuliakan (ayat Kis 2:22-36; 3:13-15).
  2. 2) Kini di sebelah kanan Allah Bapa, Ia menerima kuasa untuk mencurahkan Roh Kudus atas semua orang percaya (ayat Kis 2:16-18,32-33; 3:19)
  3. 3) Setiap orang harus beriman kepada Yesus sebagai Tuhan, bertobat dari dosa serta dibaptiskan dalam hubungan dengan pengampunan dosa (ayat Kis 2:36-38; 3:19).
  4. 4) Orang percaya harus menantikan karunia atau baptisan dalam Roh Kudus yang dijanjikan setelah ia beriman dan bertobat (ayat Kis 2:38-39).
  5. 5) Mereka yang mendengar dengan iman harus memisahkan diri dari dunia dan diselamatkan dari angkatan yang jahat ini (ayat Kis 2:40; 3:26).
  6. 6) Yesus Kristus akan kembali untuk memulihkan Kerajaan Allah (Kis 3:20-21).

Full Life: Kis 2:17 - HARI-HARI TERAKHIR. Nas : Kis 2:17 Teks : 1) Dalam PL istilah ini dianggap saat ketika Tuhan akan bertindak dengan cara yang luar biasa untuk menghakimi kejaha...

Nas : Kis 2:17

Teks :
  1. 1) Dalam PL istilah ini dianggap saat ketika Tuhan akan bertindak dengan cara yang luar biasa untuk menghakimi kejahatan dan membawa keselamatan kepada umat-Nya (bd. pasal Yes 2:2-21; 3:18-4:6; Yes 10:20-23; Hos 1:1-2:23; Yoel 1:1-3:21; Am 8:9-11; 9:9-12).
  2. 2) PB menyingkapkan bahwa "hari-hari terakhir" diawali dengan kedatangan Kristus yang pertama serta pencurahan pertama Roh Kudus atas umat Allah, dan berakhir dengan kedatangan-Nya yang kedua (Mr 1:15; Luk 4:18-21; Ibr 1:1-2). Saat yang khusus ini digambarkan sebagai zaman penghakiman terhadap kejahatan, kuasa atas setan-setan, keselamatan bagi manusia, dan kehadiran kerajaan Allah.
    1. (a) "Hari-hari terakhir" ini akan berlangsung dengan kuasa Roh Kudus (Mat 12:28).
    2. (b) "Hari-hari terakhir" menyangkut serbuan kuasa Allah lewat Kristus ke dalam alam kekuasaan Iblis dan dosa. Namun peperangan ini baru saja dimulai; itu belum berakhir karena kejahatan dan kegiatan Iblis masih sangat berkuasa (Ef 6:10-18). Hanya kedatangan Kristus yang kedua akan mengakhiri aktivitas kekuatan jahat dan menyelesaikan "hari-hari terakhir" (bd. 1Pet 1:3-5; Wahy 19:1-21).
    3. (c) "Hari-hari terakhir" merupakan saat kesaksian yang memanggil setiap orang untuk bertobat, percaya kepada Kristus dan mengalami pencurahan Roh Kudus (Kis 1:8; 2:4,38-40; Yoel 2:28-32). Kita harus menyampaikan karya keselamatan Kristus melalui kuasa Roh Kudus sementara kita menantikan hari akhir murka Allah (Rom 2:5), yaitu, "hari yang besar dan mulia itu" (Kis 2:20). Kita harus hidup dengan siaga dan waspada setiap hari, sementara menantikan hari penebusan dan kedatangan Kristus untuk umat-Nya (Yoh 14:3; 1Tes 4:15-17).
    4. (d) "Hari-hari terakhir" meresmikan kerajaan Allah yang kini datang dengan seluruh kuasa

      (lihat cat. --> Luk 11:20;

      [atau ref. Luk 11:20]

      lihat art. KERAJAAN ALLAH).

      Kita harus mengalami kepenuhan kuasa itu waktu kita menghadapi peperangan rohani (2Kor 10:3-5; Ef 6:11-12) dan penganiayaan oleh karena kebenaran (Mat 5:10-12; 1Pet 1:6-7).

Full Life: Kis 2:17 - ANAK-ANAKMU LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN AKAN BERNUBUAT. Nas : Kis 2:17 Petrus menghubungkan berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain itu (ayat Kis 2:4,11) dengan nubuat (ayat Kis 2:17-18). Dengan demikian, ...

Nas : Kis 2:17

Petrus menghubungkan berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain itu (ayat Kis 2:4,11) dengan nubuat (ayat Kis 2:17-18). Dengan demikian, berkata-kata dalam bahasa lain dianggap salah satu bentuk bernubuat. Arti sesungguhnya dari bernubuat adalah memakai suara seorang di bawah tuntunan langsung Roh Kudus untuk kemuliaan dan pelayanan Allah. Dalam kitab ini:

  1. (1) seratus dua puluh orang itu "penuhlah -- dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya" (Kis 2:4);
  2. (2) Roh Kudus turun pada Kornelius dan rumah tangganya, dan Petrus "mendengar orang-orang itu berkata-kata dalam bahasa roh dan memuliakan Allah" (Kis 10:44-47); dan
  3. (3) murid-murid di Efesus, ketika "turunlah Roh Kudus ke atas mereka ... berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat" (Kis 19:6).

Full Life: Kis 2:18 - HAMBA-HAMBA-KU LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN. Nas : Kis 2:18 Menurut nubuat Yoel, sebagaimana diterapkan Petrus, baptisan dalam Roh Kudus adalah untuk mereka yang sudah menjadi anggota kerajaan...

Nas : Kis 2:18

Menurut nubuat Yoel, sebagaimana diterapkan Petrus, baptisan dalam Roh Kudus adalah untuk mereka yang sudah menjadi anggota kerajaan Allah - yaitu orang-orang percaya, hamba-hamba Allah, baik laki-laki maupun perempuan, yang sudah diselamatkan dan dilahirkan baru sehingga menjadi milik Allah.

Full Life: Kis 2:18 - PADA HARI-HARI ITU. Nas : Kis 2:18 Petrus, yang mengutip Yoel, mengatakan bahwa Allah akan mencurahkan Roh Kudus-Nya pada hari-hari itu. Ini berarti bahwa pencurahan R...

Nas : Kis 2:18

Petrus, yang mengutip Yoel, mengatakan bahwa Allah akan mencurahkan Roh Kudus-Nya pada hari-hari itu. Ini berarti bahwa pencurahan Roh Kudus dan tanda-tanda adikodrati yang menyertainya tidak dapat dibatasi hanya pada hari Pentakosta. Kuasa dan berkat-berkat Roh Kudus adalah bagi setiap orang Kristen untuk diperoleh dan dialami sepanjang zaman gereja, yaitu seluruh waktu di antara kedatangan Kristus yang pertama dan kedua (pasal Wahy 19:1-20:15;

lihat cat. --> Kis 2:39).

[atau ref. Kis 2:39]

Full Life: Kis 2:33 - TANGAN KANAN ALLAH. Nas : Kis 2:33 Pencurahan Roh Kudus oleh Yesus menunjukkan bahwa Dia sungguh-sungguh adalah Mesias yang dimuliakan, yang kini duduk di sebelah kana...

Nas : Kis 2:33

Pencurahan Roh Kudus oleh Yesus menunjukkan bahwa Dia sungguh-sungguh adalah Mesias yang dimuliakan, yang kini duduk di sebelah kanan Allah dan mendoakan wakil-wakil-Nya di bumi (Ibr 7:25).

  1. 1) Sejak baptisan Yesus hingga hari Pentakosta, Roh Kudus tinggal di atas-Nya sebagai Kristus (yaitu, Dia yang diurapi oleh Roh Kudus; bd. Luk 3:21-22; 4:1,14,18-19). Kini Ia hidup di sebelah kanan Allah Bapa untuk mencurahkan Roh yang sama atas mereka yang percaya kepada-Nya

    (lihat art. YESUS DAN ROH KUDUS).

  2. 2) Dengan mencurahkan Roh Kudus, Yesus bermaksud agar Roh Kudus menyampaikan kehadiran-Nya kepada orang percaya dan memberi kuasa kepada mereka untuk melangsungkan segala yang dilakukan-Nya sementara ada di dunia.

Full Life: Kis 2:38 - BERTOBATLAH DAN ... MEMBERI DIRIMU DIBAPTIS. Nas : Kis 2:38 Pertobatan, pengampunan dosa, dan baptisan merupakan syarat-syarat mula-mula untuk menerima karunia Roh Kudus. Akan tetapi, tuntutan...

Nas : Kis 2:38

Pertobatan, pengampunan dosa, dan baptisan merupakan syarat-syarat mula-mula untuk menerima karunia Roh Kudus. Akan tetapi, tuntutan Petrus bahwa para pendengarnya harus dibaptiskan dahulu di dalam air sebelum menerima janji Roh Kudus (bd. Kis 1:4,8) jangan dipandang sebagai syarat mutlak untuk kepenuhan Roh, demikian pula baptisan dalam Roh bukan akibat langsung dari baptisan dalam air.

  1. 1) Dalam situasi ini, Petrus menuntut baptisan air sebelum menerima janji itu karena dalam pemikiran para pendengar Yahudi, upacara baptisan dianggap sebagai termasuk dalam keputusan pertobatan. Akan tetapi, baptisan air tidak mendahului baptisan Roh dalam peristiwa yang dicatat dalam Kis 9:17-18 (rasul Paulus) dan Kis 10:44-48 (keluarga Kornelius).
  2. 2) Setiap orang percaya setelah bertobat karena dosanya dan dengan iman menerima Yesus Kristus, harus "menerima" (bd. Gal 3:14) secara pribadi baptisan Roh Kudus. Di dalam kitab Kisah Para Rasul karunia Roh Kudus jelas didambakan, dicari, dan diterima untuk diri sendiri (Kis 1:4,14; 4:31; 8:14-17; 19:2-6); satu-satunya perkecualian diterima PB mungkin terdapat dalam kasus Kornelius (Kis 10:44-48). Oleh karena itu, baptisan dalam Roh jangan dianggap sebagai karunia yang diberikan secara otomatis kepada seseorang yang percaya kepada Kristus.

Full Life: Kis 2:39 - BAGI KAMULAH ... DAN BAGI ANAK-ANAKMU DAN ... YANG MASIH JAUH. Nas : Kis 2:39 Janji baptisan dalam Roh bukan saja bagi mereka yang ada pada hari Pentakosta (ayat Kis 2:4), tetapi bagi semua orang yang akan perc...

Nas : Kis 2:39

Janji baptisan dalam Roh bukan saja bagi mereka yang ada pada hari Pentakosta (ayat Kis 2:4), tetapi bagi semua orang yang akan percaya kepada Kristus sepanjang zaman ini: "bagi kamu" -- yaitu pendengar Petrus; "anak-anakmu" -- generasi berikutnya, dan "bagi orang yang masih jauh" -- generasi-generasi berikutnya.

  1. 1) Baptisan dalam Roh dengan kuasa yang menyertainya bukanlah suatu peristiwa yang hanya terjadi sekali saja dalam sejarah gereja; peristiwa itu tidak berhenti pada hari Pentakosta (bd. ayat Kis 2:38; 8:15; Kis 9:17; 10:44-46; 19:6) Tidak juga pada akhir zaman rasuli.
  2. 2) Setiap orang Kristen berhak untuk mencari, mengharapkan, dan mengalami baptisan dalam Roh yang sama yang diberikan kepada orang Kristen PB (Kis 1:4,8; Yoel 2:28; Mat 3:11; Luk 24:49).

Full Life: Kis 2:40 - ANGKATAN YANG JAHAT INI. Nas : Kis 2:40 Tidak ada seorang pun yang dapat diselamatkan tanpa berbalik dari kecemaran masyarakat masa kini (bd. Luk 9:41; 11:29; 17:25; Fili 2...

Nas : Kis 2:40

Tidak ada seorang pun yang dapat diselamatkan tanpa berbalik dari kecemaran masyarakat masa kini (bd. Luk 9:41; 11:29; 17:25; Fili 2:15). Orang Kristen baru harus diajarkan untuk memutuskan semua persekutuan jahat, meninggalkan dunia yang fasik ini, serta bersatu dengan Kristus dan umat-Nya dan memberi diri kepada pekerjaan Allah (2Kor 6:14,17).

Full Life: Kis 2:42 - PENGAJARAN RASUL-RASUL ... PERSEKUTUAN ... MEMECAHKAN ROTI DAN BERDOA. Nas : Kis 2:42 Lihat cat. --> Kis 12:5 [atau ref. Kis 12:5] mengenai enam belas ciri dari gereja PB.

Nas : Kis 2:42

Lihat cat. --> Kis 12:5

[atau ref. Kis 12:5]

mengenai enam belas ciri dari gereja PB.

BIS: Kis 2:35 - Duduklah ... kanan-Ku Duduklah ... kanan-Ku: Menurut kebudayaan Yahudi, yang diberi kehormatan dan kekuasaan duduk di sebelah kanan.

Duduklah ... kanan-Ku: Menurut kebudayaan Yahudi, yang diberi kehormatan dan kekuasaan duduk di sebelah kanan.

Jerusalem: Kis 2:17 - hari-hari terakhir Ialah zaman Mesias.

Ialah zaman Mesias.

Jerusalem: Kis 2:20 - hari Tuhan Hari kedatangan Tuhan dalam kemuliaan, "Hari Yahwe", Amo 5:18+. Dalam pewartaan Injil Hari Tuhan itu ialah hari kedatangan Yesus kelak, Mat 24:1+; 1Ko...

Hari kedatangan Tuhan dalam kemuliaan, "Hari Yahwe", Amo 5:18+. Dalam pewartaan Injil Hari Tuhan itu ialah hari kedatangan Yesus kelak, Mat 24:1+; 1Ko 1:8+.

Jerusalem: Kis 2:21 - yang berseru kepada nama Tuhan Orang Kristen menyebut dirinya sebagai "mereka yang berseru kepada nama Tuhan", Kis 9:14,21; Kis 22:16; 1Kor 1:2; 2Tim 2:22. "Nama Tuhan" itu tidak la...

Orang Kristen menyebut dirinya sebagai "mereka yang berseru kepada nama Tuhan", Kis 9:14,21; Kis 22:16; 1Kor 1:2; 2Tim 2:22. "Nama Tuhan" itu tidak lagi mengenai Yahwe, melainkan Yesus, bdk Fili 2:11; Kis 3:16+. Pada hari penghakiman kelak orang diselamatkan atau dikutuk sekedar berseru tidaknya kepada Tuhan, artinya: menghakimi Yesus sebagai Kyrios; lihat Kis 4:12 dan Rom 10:9.

Jerusalem: Kis 2:22 - perkataan ini Isi pemberitaan para rasul semula (kerygma) yang di sini untuk pertama kalinya disajikan, disampaikan kepada kita menurut garis-garis besarnya dalam l...

Isi pemberitaan para rasul semula (kerygma) yang di sini untuk pertama kalinya disajikan, disampaikan kepada kita menurut garis-garis besarnya dalam lima wejangan Petrus, Kis 2:14-39; Kis 3:12-26; Kis 4:9-12; Kis 5:29-32; Kis 10:34-43 dan dalam sebuah wejangan Paulus, Kis 13:16-41. Di pusatnya terhadap sebuah kesaksian, Kis 1:8+, mengenai wafat, kebangkitan Kristus, Kis 2:24+, dan peninggianNya, Kis 2:33+; Kis 2:36+. Kemudian lebih kurang terperinci mengenai karyaNya yang didahului oleh Yohanes Pembaptis, Kis 10:37; Kis 13:24, dan disiapkan dengan pengajaran serta mujizat Kristus, Kis 10:37; Kis 13:24, dan disiapkan dengan pengajaran serta mujizat Kristus, Kis 2:22; Kis 10:38, dan diselesaikan dengan penampakan-penampakan Yesus yang dibangkitkan, Kis 10:40,41; Kis 13:31, dan dengan pencurahan Roh Kudus, Kis 2:33; Kis 5:32. Akhirnya pandangan dilayangkan ke masa yang lampau melalui para nabi Perjanjian Lama, Kis 2:23+; Kis 2:25+ dan ke masa depan; tibanya zaman Mesias dan panggilan kepada orang-orang Yahudi dan bukan Yahudi supaya bertobat, Kis 2:38+, sehingga kedatangan Kristus kelak dipercepat, Kis 3:20-21. Kerangka pemberitaan semula itu juga diikuti serta diperkembangkan oleh injil-injil dan pewartaan gereja purba.

Jerusalem: Kis 2:23 - maksud dan rencanaNya Nubuat-nubuat yang tercantum dalam Perjanjian Lama menyatakan rencana Allah itu; Kis 3:18; Kis 4:28; Kis 13:29, bdk Kis 8:32-35; Kis 9:22; Kis 10:43; ...

Nubuat-nubuat yang tercantum dalam Perjanjian Lama menyatakan rencana Allah itu; Kis 3:18; Kis 4:28; Kis 13:29, bdk Kis 8:32-35; Kis 9:22; Kis 10:43; Kis 17:2-3; Kis 18:5,28; Kis 26:22-23,27; Kis 28:23; Luk 18:31+; Luk 22:22; Luk 24:25-27,44

Jerusalem: Kis 2:23 - bangsa-bangsa durhaka Yang secara konkrit dimaksudkan ialah orang-orang Roma. Pemberitaan (kerygma) semula melontarkan tuduhan serupa kepada orang-orang Yahudi yang dengann...

Yang secara konkrit dimaksudkan ialah orang-orang Roma. Pemberitaan (kerygma) semula melontarkan tuduhan serupa kepada orang-orang Yahudi yang dengannya dilawankan turun tangan Allah dalam membangkitkan Yesus, Kis 2:32,36; 3:13-17; 4:10; 5:30-31; 7:52; 10:39-40; 13:27-30; 17:31; bdk Rom 1:4+; 1Te 2:14+.

Jerusalem: Kis 2:24 - sengsara maut Teks barat: sengsara Hades, bdk Kis 2:27 dan Kis 2:31. "Hades" dalam LXX menterjemahkan kata Ibrani "syeol", ialah dunia orang mati, Bil 16:33; Mat 16...

Teks barat: sengsara Hades, bdk Kis 2:27 dan Kis 2:31. "Hades" dalam LXX menterjemahkan kata Ibrani "syeol", ialah dunia orang mati, Bil 16:33; Mat 16:18+ (alam maut).

Jerusalem: Kis 2:25 - berkata Kutipan Kitab Suci ini mengikuti LXX. Naskah Ibrani hanya mengungkapkan keinginan untuk dibebaskan dari kematian yang mengancam: "dan (Engkau) tidak m...

Kutipan Kitab Suci ini mengikuti LXX. Naskah Ibrani hanya mengungkapkan keinginan untuk dibebaskan dari kematian yang mengancam: "dan (Engkau) tidak membiarkan orang yang Kaukasihi melihat lubang kubur" (Maz 16:10). Maka pembuktian Petrus itu mengandaikan bahwa terjemahan Yunani dipergunakan, yang mengungkapkan gagasan lain dengan menterjemahkan "lubang kubur" sebagai "kebinasaan".

Jerusalem: Kis 2:29 - pada kita Makam Daud bertempat di sebuah bukit yang dahulu disebut "Bukit Sion", yang terletak dekat Bait Allah tetapi lebih rendah, 1Ra 2;10. Ayat Kisah para r...

Makam Daud bertempat di sebuah bukit yang dahulu disebut "Bukit Sion", yang terletak dekat Bait Allah tetapi lebih rendah, 1Ra 2;10. Ayat Kisah para rasul ini dahulu disalahartikan dan tafsir salah itu melahirkan tradisi mengenai makam Daud yang dewasa ini dikunjungi orang. Ia terletak di tempat di mana oleh tradisi ditempatkan ruangan Perjamuan Malam, yaitu di sebuah bukit di bagian barat kota yang sejak abad pertama tarikh Mas. dinamakan Bukit Sion.

Jerusalem: Kis 2:33 - oleh tangan kanan Allah Kata-kata ini diambil dari Maz 118:16, (LXX: "tangan kanan Tuhan (Yahwe) telah meninggikan daku") dan dipergunakan oleh pemberitaan rasuli dengan meng...

Kata-kata ini diambil dari Maz 118:16, (LXX: "tangan kanan Tuhan (Yahwe) telah meninggikan daku") dan dipergunakan oleh pemberitaan rasuli dengan menganggapnya sebagai nubuat tentang Mesias: Kis 4:11; 1Pe 2:7; Mat 21:9,42 dsj; Kis 23:35; Luk 13:35; Yoh 12:13; Ibr 13:6. Tetapi teks Kisah para rasul juga dapat diterjemahkan: Sesudah Ia ditinggikan pada tangan kanan Allah. Begitu kalimat ini menjadi pengantar pada kutipan Kis 2:34 dari Maz 110:1, yang merupakan sebuah pokok lain dalam pemberitaan rasuli: Mat 22:44 dsj; Kis 26:32 dsj; Mar 16:19; Kis 7:55,56; Rom 8:34; 1Ko 15:25; Efe 1:20; Kol 3:1; Ibr 1:3, 13; 8:1; 10:12; 12:2; 1Pe 3:22

Jerusalem: Kis 2:33 - Roh Kudus yang dijanjikan Bahwa Roh Kudus akan diberikan di zaman Mesias sudah dinubuatkan oleh para nabi, Yeh 36:27. Dengan Roh Kudus yang menurut nubuat Yoe 3:1-2 dicurahkan ...

Bahwa Roh Kudus akan diberikan di zaman Mesias sudah dinubuatkan oleh para nabi, Yeh 36:27. Dengan Roh Kudus yang menurut nubuat Yoe 3:1-2 dicurahkan oleh Kristus yang dibangkitkan itu Petrus menjelaskan mujizat Pentakosta yang disaksikan oleh para pendengarnya.

Jerusalem: Kis 2:34 - bukan Daud yang naik ke sorga Pemikiran Petrus rupanya sebagai berikut: Daud yang sudah dimakamkan tidaklah naik ke sorga. Maka bukan dialah yang dimaksudkan oleh ajakan Tuhan itu....

Pemikiran Petrus rupanya sebagai berikut: Daud yang sudah dimakamkan tidaklah naik ke sorga. Maka bukan dialah yang dimaksudkan oleh ajakan Tuhan itu. Sebaliknya ajakan itu ditujukan kepada Dia yang telah meninggalkan makamNya. Ada sebuah var yang mengganti: "malahan Daud sendiri berkata" dengan: "Daud sendiri berkata". Kalau demikian, maka pemikiran Petrus mendekati pemikiran yang terungkap dalam Mat 22:43-45.

Jerusalem: Kis 2:36 - -- Ayat ini merupakan kesimpulan dari pembuktian alkitabiah: Dengan dibangkitkan, Yesus dijadikan Tuhan yang disebutkan dalam Maz 110 dan Mesias yang din...

Ayat ini merupakan kesimpulan dari pembuktian alkitabiah: Dengan dibangkitkan, Yesus dijadikan Tuhan yang disebutkan dalam Maz 110 dan Mesias yang dinubuatkan dalam Maz 16. Sebuah pembuktian serupa yang berpangkal Maz 2:7 (Anak Allah) terdapat dalam Kis 13:33+; Ibr 1:5; 5:5; Rom 1:4+. Bdk juga Kis 5:31 (Pemimpin dan Juruselamat); Kis 10:42+ dan Rom 14:9 (Hakim dan Tuhan atas orang-orang hidup dan mati); Fili 2:9-11 (Tuhan dalam kemuliaan). Melalui kebangkitanNya Yesus mulai memakai segala hak ilahinya yang sebenarnya dimilikiNya sejak lahir.

Jerusalem: Kis 2:38 - bertobatlah Setiap wejangan besar para rasul berakhir dengan sebuah ajakan untuk bertobat (bdk Mat 3:2+) dan mendapat pengampunan dosa: Kis 3:19,26; 5:31; 10:43; ...

Setiap wejangan besar para rasul berakhir dengan sebuah ajakan untuk bertobat (bdk Mat 3:2+) dan mendapat pengampunan dosa: Kis 3:19,26; 5:31; 10:43; 13:38; bdk Kis 17:30; 26:20; Luk 1:77; 3:8; 5:32; 13:3

Jerusalem: Kis 2:38 - dalam nama Yesus Kristus Baptisan diberikan "dalam nama Yesus Kristus" (bdk Kis 1:5+) dan diterima "sambil orang berseru kepada nama Tuhan" (bdk Kis 2:21+; Kis 3:16+): Kis 8:1...

Baptisan diberikan "dalam nama Yesus Kristus" (bdk Kis 1:5+) dan diterima "sambil orang berseru kepada nama Tuhan" (bdk Kis 2:21+; Kis 3:16+): Kis 8:16; 10:48; 19:5; 22:16; 1Ko 1:13,15; 6:11; 10:2; Gal 3:27; Rom 6:3, bdk Yak 2:7. Cara bicara itu kiranya tidak mengenai rumus yang dipakai dalam upacara baptisan, bdk Mat 28:19, melainkan makna upacara itu sendiri, ialah pengakuan iman terhadap Kristus; orang dijadikan milik Kristus dan selanjutnya dibaktikan kepadaNya.

Jerusalem: Kis 2:39 - janji itu Janji terlebih dahulu mengenai orang-orang Yahudi, Kis 3:25-26; 13:46; Rom 1:16+; Rom 9:4+

Janji terlebih dahulu mengenai orang-orang Yahudi, Kis 3:25-26; 13:46; Rom 1:16+; Rom 9:4+

Jerusalem: Kis 2:39 - orang yang masih jauh Orang-orang bukan Yahudi. Ini menyinggung Yes 57:19 yang dikutip dan dijelaskan dalam Efe 2:13-17; bdk Kis 22:21.

Orang-orang bukan Yahudi. Ini menyinggung Yes 57:19 yang dikutip dan dijelaskan dalam Efe 2:13-17; bdk Kis 22:21.

Jerusalem: Kis 2:40 - memberi suatu kesaksian yang sungguh-sungguh dan ia mengecam Terjemahan lain: memberi kesaksiannya, bdk Kis 8:25; 28:23.

Terjemahan lain: memberi kesaksiannya, bdk Kis 8:25; 28:23.

Jerusalem: Kis 2:41 - tiga ribu jiwa Lukas dengan teliti sekali selalu mencatat bertambahnya jumlah kaum beriman: Kis 2:47; 4:4; 5:14; 6:1,7; 9:31; 11:21,24; 16:5; bdk Kis 12:24; 13:48-49...

Lukas dengan teliti sekali selalu mencatat bertambahnya jumlah kaum beriman: Kis 2:47; 4:4; 5:14; 6:1,7; 9:31; 11:21,24; 16:5; bdk Kis 12:24; 13:48-49; 19:20.

Jerusalem: Kis 2:42-47 - -- Baiklah dibandingkan dengan Kis 4:32-35 dan Kis 5:12-16. Ketiga "ringkasan" yang disusun oleh Lukas sendiri itu dengan cara serupa melukiskan kehidupa...

Baiklah dibandingkan dengan Kis 4:32-35 dan Kis 5:12-16. Ketiga "ringkasan" yang disusun oleh Lukas sendiri itu dengan cara serupa melukiskan kehidupan umat Kristen purba.

Jerusalem: Kis 2:42 - pengajaran rasul-rasul Pengajaran itu diberikan kepada mereka yang baru masuk Kristen. Di dalamnya Kitab Suci ditafsirkan dengan disinari oleh peristiwa-peristiwa yang melah...

Pengajaran itu diberikan kepada mereka yang baru masuk Kristen. Di dalamnya Kitab Suci ditafsirkan dengan disinari oleh peristiwa-peristiwa yang melahirkan agama Kristen. Jadi pengajaran itu bukanlah pewartaan Injil kepada mereka yang belum masuk. Bdk Kis 15:35

Jerusalem: Kis 2:42 - dalam persekutuan Kata "persekutuan" di sini dipakai tanpa keterangan lebih lanjut, bdk Gal 2:9. Apa yang pasti dimaksudkan ialah: segala barang milik menjadi milik ber...

Kata "persekutuan" di sini dipakai tanpa keterangan lebih lanjut, bdk Gal 2:9. Apa yang pasti dimaksudkan ialah: segala barang milik menjadi milik bersama, Kis 2:44; 4:32, yang dihasilkan oleh Injil dan segala anugerah Allah lainnya yang oleh jemaat rasuli diterima bersama melalui Yesus Kristus. Maka persekutuan itu tidak hanya terwujud dalam saling membantu di bidang sosial atau dengan suatu ideologi bersama atau rasa kesetiakawanan

Jerusalem: Kis 2:42 - memecahkan roti Lihat Kis 2:46; 20:7,11; 27:35; Luk 24:30,35. Pada dirinya ungkapan ini mengingatkan sebuah perjamuan Yahudi, di mana pemimpin mengucapkan sebuah berk...

Lihat Kis 2:46; 20:7,11; 27:35; Luk 24:30,35. Pada dirinya ungkapan ini mengingatkan sebuah perjamuan Yahudi, di mana pemimpin mengucapkan sebuah berkat sebelum membagi-bagikan roti. Tetapi dalam bahasa Kristen ungkapan tersebut menunjuk kepada upacara Ekaristi, 1Ko 10:16; 11:24; Luk 22:19 dsj; Luk 24:35+. Perjamuan kudus itu, Kis 2:46, tidak dirayakan dalam Bait Allah, melainkan dalam salah satu rumah. Ia tidak terpisah dari sebuah perjamuan yang sesungguhnya, bdk 1Ko 11:20-34

Jerusalem: Kis 2:42 - berdoa Doa yang dimaksudkan ialah doa atau sembahyang bersama yang dipimpin oleh para rasul, Kis 6:4. Sebuah contoh terdapat dalam Kis 4:24-30. Bdk Kis 1:14+...

Doa yang dimaksudkan ialah doa atau sembahyang bersama yang dipimpin oleh para rasul, Kis 6:4. Sebuah contoh terdapat dalam Kis 4:24-30. Bdk Kis 1:14+, Kis 1:24; 12:5.

Jerusalem: Kis 2:43 - dan tanda Sejumlah naskah masih menambah: di Yerusalem dan ketakutan besar menghinggapi semua.

Sejumlah naskah masih menambah: di Yerusalem dan ketakutan besar menghinggapi semua.

Jerusalem: Kis 2:46 - dengan gembira Ini kegembiraan yang menyusul kepercayaan: Kis 8:8,39; 13:48,52; 16:34; bdk Kis 5:41+; Rom 15:13; Fili 1:4+.

Ini kegembiraan yang menyusul kepercayaan: Kis 8:8,39; 13:48,52; 16:34; bdk Kis 5:41+; Rom 15:13; Fili 1:4+.

Jerusalem: Kis 2:47 - memuji Allah Bdk Kis 3:8,9; 4:21; 21:20; Luk 2:20+

Jerusalem: Kis 2:47 - yang diselamatkan Keselamatan anggota-anggota jemaat Kristen dalam penghakiman terakhir terjamin, Kis 2:21+; bdk Kis 13:48 dan surat-surat Paulus. Dengan demikian maka ...

Keselamatan anggota-anggota jemaat Kristen dalam penghakiman terakhir terjamin, Kis 2:21+; bdk Kis 13:48 dan surat-surat Paulus. Dengan demikian maka Gereja menyamakan dirinya dengan "Sisa Israel", Yes 4:3. Bdk Rom 9:27.

Ende: Kis 2:17 - Achir zaman Maksudnja zaman Mesias.

Maksudnja zaman Mesias.

Ende: Kis 2:17-21 - -- Kutipan dari nabi Joel ini harus dipandang sebagai kiasan untuk mengesankan pesatnja pembaharuan dalam Keradjaan Allah jang baru, dan hebatnja hukum...

Kutipan dari nabi Joel ini harus dipandang sebagai kiasan untuk mengesankan pesatnja pembaharuan dalam Keradjaan Allah jang baru, dan hebatnja hukuman Allah atas segala orang jang menolak atau menentang keradjaan itu.

Ende: Kis 2:21 - Menjerukan nama Allah Ungkapan ini dalam bahasa Kitab Kudus berarti: perdjandjian kepertjajaan dan pengabdian mutlak kepada Allah dan sikap mengharapkan segala sesuatu dari...

Ungkapan ini dalam bahasa Kitab Kudus berarti: perdjandjian kepertjajaan dan pengabdian mutlak kepada Allah dan sikap mengharapkan segala sesuatu daripada Dia.

Ende: Kis 2:21 - Tuhan jang dalam bahasa Perdjandjian Lama adalah pengganti nama Jahwe, dalam bahasa Perdjandjian Baru, seperti dimaksudkan disini pula, mendjadi gelaran ata...

jang dalam bahasa Perdjandjian Lama adalah pengganti nama Jahwe, dalam bahasa Perdjandjian Baru, seperti dimaksudkan disini pula, mendjadi gelaran ataupun mengganti nama Jesus Kristus.

Ende: Kis 2:25-28 - -- Maz 19:8-11.

Ende: Kis 2:34-35 - -- Maz 111:1.

Ende: Kis 2:38 - Permandian dalam nama Jesus Kristus Dapat diartikan : "atas nama J.K.", jaitu menurut pesanan J.K.; atau djuga mendjadi milik Kristus dalam kesatuan dengan Dia. Untuk upatjara resmi mene...

Dapat diartikan : "atas nama J.K.", jaitu menurut pesanan J.K.; atau djuga mendjadi milik Kristus dalam kesatuan dengan Dia. Untuk upatjara resmi menerimakan sakramen permandian, dari semula tak kenal rumusan lain selain jang tertjantum dalam amanat Jesus, Mat 28:19.

Ende: Kis 2:42 - Pemetjahan-Roti Ini dalam geredja purba nama biasa untuk perajaan Ekaristi.

Ini dalam geredja purba nama biasa untuk perajaan Ekaristi.

Ref. Silang FULL: Kis 2:17 - semua manusia // akan bernubuat · semua manusia: Bil 11:25; Yes 44:3; Yeh 39:29; Yoh 7:37-39 Kis 10:45 · akan bernubuat: Kis 21:9; Kis 21:9

· semua manusia: Bil 11:25; Yes 44:3; Yeh 39:29; Yoh 7:37-39 Kis 10:45

· akan bernubuat: Kis 21:9; [Lihat FULL. Kis 21:9]

Ref. Silang FULL: Kis 2:18 - akan bernubuat · akan bernubuat: Kis 21:9-12

· akan bernubuat: Kis 21:9-12

Ref. Silang FULL: Kis 2:19 - di bumi · di bumi: Luk 21:11

· di bumi: Luk 21:11

Ref. Silang FULL: Kis 2:20 - menjadi darah · menjadi darah: Mat 24:29; Mat 24:29

· menjadi darah: Mat 24:29; [Lihat FULL. Mat 24:29]

Ref. Silang FULL: Kis 2:21 - nama Tuhan // akan diselamatkan · nama Tuhan: Kej 4:26; 26:25; Mazm 105:1; Kis 9:14; 1Kor 1:2; 2Tim 2:22 · akan diselamatkan: Yoel 2:28-32; Rom 10:13

· nama Tuhan: Kej 4:26; 26:25; Mazm 105:1; Kis 9:14; 1Kor 1:2; 2Tim 2:22

· akan diselamatkan: Yoel 2:28-32; Rom 10:13

Ref. Silang FULL: Kis 2:22 - dari Nazaret // dan tanda-tanda // perantaraan Dia · dari Nazaret: Mr 1:24; Mr 1:24 · dan tanda-tanda: Yoh 4:48; Yoh 4:48 · perantaraan Dia: Yoh 3:2; Yoh 3:2

· dari Nazaret: Mr 1:24; [Lihat FULL. Mr 1:24]

· dan tanda-tanda: Yoh 4:48; [Lihat FULL. Yoh 4:48]

· perantaraan Dia: Yoh 3:2; [Lihat FULL. Yoh 3:2]

Ref. Silang FULL: Kis 2:23 - dan rencana-Nya // kamu salibkan · dan rencana-Nya: Yes 53:10; Kis 3:18; 4:28 · kamu salibkan: Mat 16:21 Luk 24:20; Kis 3:13

· dan rencana-Nya: Yes 53:10; Kis 3:18; 4:28

· kamu salibkan: Mat 16:21 Luk 24:20; Kis 3:13

Ref. Silang FULL: Kis 2:24 - membangkitkan Dia // maut itu · membangkitkan Dia: Kis 2:32; Kis 13:30,33,34,37; 17:31; Rom 6:4; 8:11; 10:9; 1Kor 6:14; 15:15; Ef 1:20; Kol 2:12; Ibr 13:20; 1Pet 1:21 &middo...

Ref. Silang FULL: Kis 2:27 - melihat kebinasaan · melihat kebinasaan: Kis 2:31; Kis 13:35

· melihat kebinasaan: Kis 2:31; Kis 13:35

Ref. Silang FULL: Kis 2:28 - di hadapan-Mu · di hadapan-Mu: Mazm 16:8-11

· di hadapan-Mu: Mazm 16:8-11

Ref. Silang FULL: Kis 2:29 - Saudara-saudara // bangsa kita // dan dikubur // pada kita · Saudara-saudara: Kis 22:5; Kis 22:5 · bangsa kita: Kis 7:8,9 · dan dikubur: Kis 13:36; 1Raj 2:10 · pada kita: Neh 3:16

· Saudara-saudara: Kis 22:5; [Lihat FULL. Kis 22:5]

· bangsa kita: Kis 7:8,9

· dan dikubur: Kis 13:36; 1Raj 2:10

· pada kita: Neh 3:16

Ref. Silang FULL: Kis 2:30 - atas takhtanya · atas takhtanya: Mat 1:1; Mat 1:1

· atas takhtanya: Mat 1:1; [Lihat FULL. Mat 1:1]

Ref. Silang FULL: Kis 2:31 - mengalami kebinasaan · mengalami kebinasaan: Mazm 16:10

· mengalami kebinasaan: Mazm 16:10

Ref. Silang FULL: Kis 2:32 - yang dibangkitkan // adalah saksi · yang dibangkitkan: Kis 2:24; Kis 2:24 · adalah saksi: Luk 24:48; Luk 24:48

· yang dibangkitkan: Kis 2:24; [Lihat FULL. Kis 2:24]

· adalah saksi: Luk 24:48; [Lihat FULL. Luk 24:48]

Ref. Silang FULL: Kis 2:33 - Ia ditinggikan // kanan Allah // dan menerima // Roh Kudus // maka dicurahkan-Nya · Ia ditinggikan: Fili 2:9; Fili 2:9 · kanan Allah: Mr 16:19; Mr 16:19 · dan menerima: Kis 1:4 · Roh Kudus: Yoh 7:39; 14:2...

· Ia ditinggikan: Fili 2:9; [Lihat FULL. Fili 2:9]

· kanan Allah: Mr 16:19; [Lihat FULL. Mr 16:19]

· dan menerima: Kis 1:4

· Roh Kudus: Yoh 7:39; 14:26; 15:26

· maka dicurahkan-Nya: Kis 10:45

Ref. Silang FULL: Kis 2:35 - tumpuan kaki-Mu · tumpuan kaki-Mu: Mazm 110:1; Mat 22:44; Mat 22:44

· tumpuan kaki-Mu: Mazm 110:1; Mat 22:44; [Lihat FULL. Mat 22:44]

Ref. Silang FULL: Kis 2:36 - menjadi Tuhan // dan Kristus · menjadi Tuhan: Mat 28:18; Mat 28:18 · dan Kristus: Luk 2:11; Luk 2:11

· menjadi Tuhan: Mat 28:18; [Lihat FULL. Mat 28:18]

· dan Kristus: Luk 2:11; [Lihat FULL. Luk 2:11]

Ref. Silang FULL: Kis 2:37 - kami perbuat · kami perbuat: Luk 3:10,12,14; Kis 6:30

· kami perbuat: Luk 3:10,12,14; Kis 6:30

Ref. Silang FULL: Kis 2:38 - dirimu dibaptis // pengampunan dosamu // Roh Kudus · dirimu dibaptis: Kis 2:41; Kis 8:12,16,36,38; 9:18; 10:48; 16:15,33; 19:5; 22:16; Kol 2:12 · pengampunan dosamu: Yer 36:3; Mr 1:4; Luk...

· dirimu dibaptis: Kis 2:41; Kis 8:12,16,36,38; 9:18; 10:48; 16:15,33; 19:5; 22:16; Kol 2:12

· pengampunan dosamu: Yer 36:3; Mr 1:4; Luk 24:47; [Lihat FULL. Luk 24:47]; Kis 3:19

· Roh Kudus: Yoh 20:22; [Lihat FULL. Yoh 20:22]

Ref. Silang FULL: Kis 2:39 - bagi anak-anakmu // masih jauh · bagi anak-anakmu: Yes 44:3; 65:23 · masih jauh: Yes 57:19; Kis 10:45; Ef 2:13

· bagi anak-anakmu: Yes 44:3; 65:23

· masih jauh: Yes 57:19; Kis 10:45; Ef 2:13

Ref. Silang FULL: Kis 2:40 - dari angkatan · dari angkatan: Ul 32:5; Fili 2:15

· dari angkatan: Ul 32:5; Fili 2:15

Ref. Silang FULL: Kis 2:41 - itu jumlah · itu jumlah: Kis 2:47; Kis 4:4; 5:14; 6:1,7; 9:31,35,42; 11:21,24; 14:1,21; Kis 16:5; 17:12

Ref. Silang FULL: Kis 2:42 - dalam pengajaran // memecahkan roti // dan berdoa · dalam pengajaran: Mat 28:20 · memecahkan roti: Mat 14:19; Mat 14:19 · dan berdoa: Kis 1:14; Kis 1:14

· dalam pengajaran: Mat 28:20

· memecahkan roti: Mat 14:19; [Lihat FULL. Mat 14:19]

· dan berdoa: Kis 1:14; [Lihat FULL. Kis 1:14]

Ref. Silang FULL: Kis 2:43 - dan tanda · dan tanda: Kis 5:12

· dan tanda: Kis 5:12

Ref. Silang FULL: Kis 2:44 - kepunyaan bersama · kepunyaan bersama: Kis 4:32

· kepunyaan bersama: Kis 4:32

Ref. Silang FULL: Kis 2:45 - dengan keperluan · dengan keperluan: Mat 19:21; Luk 12:33; 18:22; Kis 4:34,35; 6:1

Ref. Silang FULL: Kis 2:46 - Bait Allah // memecahkan roti · Bait Allah: Luk 24:53; Kis 3:1; 5:21,42 · memecahkan roti: Kis 2:42; Mat 14:19; Mat 14:19

· Bait Allah: Luk 24:53; Kis 3:1; 5:21,42

· memecahkan roti: Kis 2:42; Mat 14:19; [Lihat FULL. Mat 14:19]

Ref. Silang FULL: Kis 2:47 - semua orang // menambah jumlah · semua orang: Rom 14:18; Rom 14:18 · menambah jumlah: Kis 2:41; Kis 2:41

· semua orang: Rom 14:18; [Lihat FULL. Rom 14:18]

· menambah jumlah: Kis 2:41; [Lihat FULL. Kis 2:41]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kis 2:14-36 - Khotbah Petrus di Yerusalem Khotbah Petrus di Yerusalem ( Kis 2:14-36) Di sini kita mendapati buah-buah Roh yang pertama dalam khotbah yang ditujukan Petrus secara langsung, b...

Matthew Henry: Kis 2:37-41 - Khotbah Petrus di Yerusalem Khotbah Petrus di Yerusalem ( Kis 2:37-41) Kita sudah melihat dampak yang menakjubkan dari pencurahan Roh, dan kuasanya yang mengagumkan atas para ...

Matthew Henry: Kis 2:42-47 - Persekutuan Murid-murid Persekutuan Murid-murid ( Kis 2:42-47) Kita sering kali berbicara tentang jemaat mula-mula, dan memakainya sebagai patokan, serta merujuk pada sej...

SH: Kis 2:14-36 - Bersaksi dengan berani (Senin, 24 Mei 1999) Bersaksi dengan berani Ketika banyak orang menyangka bahwa para rasul itu mabuk (ay. 13), Petrus tampil dan menyanggah tuduhan mereka. Dengan pi...

SH: Kis 2:14-21 - Argumen pertama (Senin, 9 Juni 2003) Argumen pertama Orang-orang Yerusalem bertanya, mengapa para murid dapat melakukan hal-hal seperti itu? (ayat 12, 15). Petrus menjawab pert...

SH: Kis 2:14-28 - Kuasa memberitakan Injil (Minggu, 7 Juni 2009) Kuasa memberitakan Injil Apa tuduhan yang sering diarahkan pada orang-orang Kristen? Salah satunya adalah fanatisme. Orang Kristen dianggap fana...

SH: Kis 2:14-28 - Fitnah dibalas kebenaran (Senin, 13 Juni 2011) Fitnah dibalas kebenaran Fitnah lebih kejam daripada pembunuhan. Fitnah adalah pembunuhan karakter. Pernahkah Anda difitnah orang? Bagaimana merespon...

SH: Kis 2:14-40 - Penggenapan Nubuat (Senin, 21 Mei 2018) Penggenapan Nubuat Jika kata "Alkitab" dipahami dari sisi bahasa Arab, maka Alkitab dapat dimaknai sebagai Kitab di atas segala kitab (Al = di atas, ...

SH: Kis 2:22-36 - Alasan yang terutama (Selasa, 10 Juni 2003) Alasan yang terutama Yesus dari Nazaret adalah Tuhan dan Kristus/Mesias (ayat 22, 36). Bagi telinga Yahudi, tidak ada lagi yang lebih vulgar dan...

SH: Kis 2:29-40 - Kuasa Allah melalui Firman-Nya (Senin, 8 Juni 2009) Kuasa Allah melalui Firman-Nya Apa yang membuat orang yang mendengar khotbah Petrus bertobat (ayat 37)? Bukan karena tanda-tanda yang terlihat p...

SH: Kis 2:29-40 - Merespons firman Tuhan (Selasa, 14 Juni 2011) Merespons firman Tuhan Ada banyak respons ketika jemaat mendengar kebenaran firman Tuhan. Ada yang marah, tersinggung, acuh tak acuh, atau merasa ter...

SH: Kis 2:37-47 - Menerima pengampunan dan karunia Roh Kudus (Selasa, 25 Mei 1999) Menerima pengampunan dan karunia Roh Kudus Setelah Petrus dengan panjang lebar menjelaskan perbuatan-perbuatan Allah yang ajaib dan KeMesiasan Y...

SH: Kis 2:37-47 - J+1, H+1 dan M+1 (Rabu, 11 Juni 2003) J+1, H+1 dan M+1 Sebuah topan tidak dapat dikatakan sebuah topan, bila tidak menimbulkan kerusakan apapun pada kota yang dilandanya. Tidak ...

SH: Kis 2:37-39 - Iman dan Pertobatan (Sabtu, 21 Maret 2009) Iman dan Pertobatan Apakah syarat utama yang Tuhan tuntut apabila kita ingin memiliki relasi yang baik dengan-Nya? Bermoral terpuji? Penuh perbu...

SH: Kis 2:41-47 - Kuasa dalam persekutuan umat (Selasa, 9 Juni 2009) Kuasa dalam persekutuan umat Apa yang menjadi kunci pertumbuhan gereja yang sehat dan benar? Bukan pada kejeniusan para pemimpin gereja mengelol...

SH: Kis 2:41-47 - Gereja yang bertumbuh (Rabu, 15 Juni 2011) Gereja yang bertumbuh Gereja yang sehat adalah gereja yang bertumbuh secara kuantitas dan kualitas. Secara kuantitas, gereja mula-mula hanya 120 oran...

SH: Kis 2:41-47 - Persekutuan Umat Allah (Selasa, 22 Mei 2018) Persekutuan Umat Allah Sejak turunnya Roh Kudus terjadi perubahan dahsyat dalam kelompok orang percaya. Komunitas itu semakin berkembang karena Allah...

SH: Kis 2:42 - Doa dan Firman (Sabtu, 10 Juli 2010) Doa dan Firman Hakikat atau sifat terdalam kita seharusnya juga menjadi ciri kita dalam keseharian, bukan? Lalu apakah hakikat terdalam hidup orang b...

Utley: Kis 2:14-21 - --NASKAH NASB (UPDATED):Kis 2: 14-2114 Maka bangkitlah Petrus berdiri dengan kesebelas rasul itu, dan dengan suara nyaring ia berkata kepada mereka: "Ha...

Utley: Kis 2:22-28 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 2:22-2822 "Hai orang-orang Israel, dengarlah perkataan ini: Yang aku maksudkan, ialah Yesus dari Nazaret, seorang yang tela...

Utley: Kis 2:29-36 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 2:29-3629 "Saudara-saudara, aku boleh berkata-kata dengan terus terang kepadamu tentang Daud, bapa bangsa kita. Ia telah ma...

Utley: Kis 2:37-42 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 2:37-4237 Ketika mereka mendengar hal itu hati mereka sangat terharu, lalu mereka bertanya kepada Petrus dan rasul-rasul ya...

Utley: Kis 2:43-47 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 2:43-4743 Maka ketakutanlah mereka semua, sedang rasul-rasul itu mengadakan banyak mujizat dan tanda. 44 Dan semua orang ya...

Topik Teologia: Kis 2:17 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia sebagai Suatu Kesatuan Hidup Keutuhan Manusia Direpresentasikan oleh Flesh (Tubuh, Man, Orang) ...

Topik Teologia: Kis 2:18 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita dan Peranannya Dalam Agama Wanita Dalam Jemaat yang Mula-mula Wanita-wanita Menerima Roh Allah yang Di...

Topik Teologia: Kis 2:19 - -- Gereja Langkah-langkah Korektif yang Dilakukan Gereja Gereja Memakai Perjanjian Lama Perjanjian Lama Menjelaskan Perilaku Mereka ...

Topik Teologia: Kis 2:21 - -- Yesus Kristus Nama Kristus Orang-orang Percaya Mengalami Banyak Hal di dalam Nama Yesus Orang-orang Percaya Memohon Keselamatan da...

Topik Teologia: Kis 2:22 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Kehidupan Yesus Mat 1:23 Mat 3:17...

Topik Teologia: Kis 2:23 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Mahatahu Kej 6:5 Kel 3:7 1Ra 8:39 2Ra 19:27 2Ta 16:9 Ayu 9:4 Ayu 12...

Topik Teologia: Kis 2:24 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Kehidupan Yesus Mat 1:23 Mat 3:17...

Topik Teologia: Kis 2:26 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Bagian dari Tubuh Manusia sebagai Aspek Moral Kemanusiaan ...

Topik Teologia: Kis 2:27 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Yang Kudus dari Allah Maz 16:10 Mar 1:24 Luk 1:35 Yoh 6:69 Kis 2:27 ...

Topik Teologia: Kis 2:31 - -- Yesus Kristus Yesus Memiliki Tubuh Jasmaniah Yoh 1:14 Yoh 2:21 Kis 2:31 Rom 8:3 Fili 2:7-8 Kol 1:22 Kol 2:9 Ibr 2:14-17 Ibr 10:...

Topik Teologia: Kis 2:32 - -- Allah yang Berpribadi Allah sebagai Tritunggal Ketritunggalan Allah Tritunggal dalam Pengajaran Perjanjian Baru Mat 3...

Topik Teologia: Kis 2:33 - -- Allah yang Berpribadi Bapa Ula 1:30-31 Ula 32:6 Ayu 38:28 Maz 68:6 Maz 89:27 Maz 103:13 Yes 63:16 Yes 64:8 Yer 3:4 Yer 3:19 Mal...

Topik Teologia: Kis 2:34 - -- Keselamatan Kebangkitan Kristus sebagai Peristiwa Keselamatan Makna Kebangkitan Kristus Orang-orang Percaya Dibenarkan oleh Kebang...

Topik Teologia: Kis 2:36 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Kehidupan Yesus Mat 1:23 Mat 3:17...

Topik Teologia: Kis 2:37 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Gereja Kedatangan dan Baptisan Roh Dimanifestasikan di dalam Kehidupan Orang Percaya Menyatuka...

Topik Teologia: Kis 2:38 - -- Allah yang Berpribadi Allah sebagai Tritunggal Ketritunggalan Allah Tritunggal dalam Pengajaran Perjanjian Baru Mat 3...

Topik Teologia: Kis 2:39 - -- Allah yang Berpribadi Allah sebagai Tritunggal Ketritunggalan Allah Tritunggal dalam Pengajaran Perjanjian Baru Mat 3...

Topik Teologia: Kis 2:40 - -- Dosa Deskripsi tentang Dosa-dosa dan Pendosa Gelar-gelar Deskriptif untuk Para Pendosa Para Pendosa adalah Angkatan yang Jahat ...

Topik Teologia: Kis 2:41 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Gereja Kedatangan dan Baptisan Roh Dimanifestasikan di dalam Kehidupan Orang Percaya Dinyataka...

Topik Teologia: Kis 2:42 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Mujizat-mujizat sebagai Pemeliharaan Khusus dari Allah Tujuan Mujizat-mujizat Itu ...

Topik Teologia: Kis 2:43 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Mujizat-mujizat sebagai Pemeliharaan Khusus dari Allah Tujuan Mujizat-mujizat Itu ...

Topik Teologia: Kis 2:44 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Tugas Terhadap Orang Lain Pada Umumnya atau Terh...

Topik Teologia: Kis 2:46 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Bagian dari Tubuh Manusia sebagai Aspek Moral Kemanusiaan ...

Topik Teologia: Kis 2:47 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Memuliakan Allah Memuji Allah Contoh-contoh Memuji Allah Para Petobat Mul...

TFTWMS: Kis 2:16-21 - Nubuatan Yoel NUBUATAN YOEL (Kis 2:16-21) Petrus lalu menjelaskan bahwa apa yang dilihat dan didengar oleh orang banyak itu bukan akibat kemasukan roh-roh yang mem...

TFTWMS: Kis 2:22-24 - Pribadi Yesus PRIBADI YESUS (Kis 2:22-24) Setelah Petrus memberitahu para pendengar tentang apa yang mereka ingin ketahui (penjelasan terhadap apa yang mereka tela...

TFTWMS: Kis 2:25-31 - Nubuatan Daud NUBUATAN DAUD (Kis 2:25-31) Ketika Petrus mengatakan "Allah membangkitkan Dia," setiap pendengar itu mungkin terheran-heran, "Benarkah...

TFTWMS: Kis 2:32 - Pernyataan Para Rasul PERNYATAAN PARA RASUL (Kis 2:32) Bukti Petrus yang pertama adalah kesaksian dia bersama dengan kesebelas rasul lainnya: "Yesus inilah yang diban...

TFTWMS: Kis 2:33 - Kehadiran Roh KEHADIRAN ROH (Kis 2:33) Bukti Petrus yang kedua adalah pelbagai mujizat yang telah disaksikan oleh orang banyak itu: "Dan sesudah Ia ditinggika...

TFTWMS: Kis 2:34-36 - Bukti Kitab Suci BUKTI KITAB SUCI (Kis 2:34-36) Petrus telah memperkenalkan pemikiran baru: pengangkatan Yesus ke sebelah kanan Allah. Sekali fakta Kebangkitan ditega...

TFTWMS: Kis 2:37 - Dengan Percaya Kepada Kristus DENGAN PERCAYA KEPADA KRISTUS (Kis 2:37) Ketika Petrus menyimpulkan pengajarannya yang penuh kuasa tentang Yesus, saya membayangkan bahwa untuk sesaa...

TFTWMS: Kis 2:38-41 - Dengan Mentaati Kristus DENGAN MENTAATI KRISTUS (Kis 2:38-41) Sama seperti kita tidak dapat merasakan perasaan bersalah orang-orang Yahudi, kita juga tidak dapat secara penu...

TFTWMS: Kis 2:41 - Dengan Segera Mentaati Kristus DENGAN SEGERA MENTAATI KRISTUS (Kis 2:41) Kita belum memperhatikan akhir dari ayat 41: "... pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga...

TFTWMS: Kis 2:41-47 - Dengan Ditambahkan Ke Dalam Gereja Kristus DENGAN DITAMBAHKAN KE DALAM GEREJA KRISTUS (Kis 2:41, 47) Sebelum kita meninggalkan ayat 41, kita perlu menggarisbawahi apa yang terjadi ke atas mere...

TFTWMS: Kis 2:42 - Gereja Yang Beribadah GEREJA YANG BERIBADAH (Kis 2:42) Begitu ketiga ribu orang itu selesai dibaptis, mereka segera mulai berfungsi sebagai orang Kristen baru dan anggota ...

TFTWMS: Kis 2:43 - Gereja Yang Saleh GEREJA YANG SALEH (Kis 2:43) Setelah memberikan pernyataan singkat tentang tiga ribu orang yang dibaptis pada hari Pentakosta, Lukas lalu memberikan ...

TFTWMS: Kis 2:44-45 - Gereja Yang Tidak Egois GEREJA YANG TIDAK EGOIS (Kis 2:44, 45) Ayat 44 dan 45 memberikan contoh persekutuan yang nyata yang telah disinggung di ayat 42: "Dan semua oran...

TFTWMS: Kis 2:46-47 - Gereja Yang Bersukacita GEREJA YANG BERSUKACITA (Kis 2:46, 47) Ayat 46 dan 47 melengkapi uraian singkat tentang gereja mula-mula ini: Dengan bertekun dan dengan sehati30mer...

TFTWMS: Kis 2:46-47 - Gereja Yang Berbagi GEREJA YANG BERBAGI (Kis 2:46, 47) Persekutuan dan kegairahan yang mencirikan umat Kristen mula-mula tidak pernah berlalu begitu saja. Yesus telah me...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Penulis : Lukas Tema : Penyebaran Injil yang Penuh Keberhasilan Melalui Kuasa Roh Kudus Tanggal Penulis...

Full Life: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Kis 1:1-11) I. Pencurahan Roh Kudus (Kis 1:12-2:41) A. Persiapan untuk Perjanjian ...

Matthew Henry: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Dengan rasa puas hati yang melimpah kita sudah menyaksikan bagaimana dasar agama kita yang kudus dibangun di atas sejarah Juruselamat kita ...

Jerusalem: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH PARA RASUL PENGANTAR Injil ketiga dan Kisah para Rasul aslinya merupakan hanya satu karya saja, yang sekarang kiranya dapat diberi judul: "...

Ende: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL KATA PENGANTAR Tentang isi dan maksud karangan ini umumnja Mula-mula sebagai landjutan langsung dari "Indjil ketiga" karangan ini be...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) AWAL PEMBERITAAN INJIL SECARA PENUH (Kis 2:14-36) Kadang-kadang kita berkata, "Petruslah yang pertama kali memberitakan injil." Pernyataan ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 2:14-36) Sekali lagi kita merasa enggan meninggalkan sisa pelajaran kita dalam Kisah 2. Tema tentang "permulaan" berlanjut ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Lihat "Injil" dalam Daftar Kata. 2 Kata "kesebelas" mengacu kepada rasul-rasul lainnya; sebagaimana di 1:26...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) BAGAIMANA TIGA RIBU ORANG DISELAMATKAN! (Kis 2:37-41, 47) Dalam dua pelajaran kita sebelumnya, kita telah mengalami kegembiraan Hari Pentakosta, yait...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 2:37-41, 47) Pada hari Pentakosta, orang banyak itu terdiri dari dua kelompok: mereka yang mau menerima Yesus Kristus dan mereka yang...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Edgar J. Goodspeed, The New Testament: An American Translation. RSV menulis "pemberitaan tentang Kristus." 2 Jika &qu...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) GEREJA YANG SAYA SUKA MENJADI ANGGOTANYA (Kis 2:42-47) Dalam pelajaran kita yang lalu kita mencatat bahwa tiga ribu orang pada Hari Pentakosta telah ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 2:42-47) Tidakkah suatu hal yang sungguh-sungguh bagus untuk menjadi bagian dari sebuah jemaat yang seperti digambarkan di Kisah 2:42...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 KJV menulis "pengajaran rasul-rasul." Kata Yunani yang diterjemahkan "doktrin" artinya adalah "ajaran,&qu...

BIS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL PENGANTAR Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tujuan utama Kisah Rasul-rasul ini ialah

KISAH RASUL-RASUL

PENGANTAR

Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tujuan utama Kisah Rasul-rasul ini ialah menguraikan mengenai bagaimana pengikut-pengikut Yesus - dengan pimpinan Roh Allah - menyebarkan Kabar Baik tentang Yesus "di Yerusalem, di seluruh Yudea, di Samaria, dan sampai ke ujung bumi" (Kis 1:8). Buku ini adalah cerita tentang pergerakan Kristen yang dimulai di antara orang Yahudi lalu meluas menjadi suatu agama untuk seluruh dunia. Penulis buku ini merasa perlu pula meyakinkan para pembacanya bahwa orang-orang Kristen bukanlah suatu bahaya politik subversif terhadap kerajaan Roma, tetapi bahwa agama Kristen merupakan penyempurnaan agama Yahudi.

Kisah Rasul-rasul bisa dibagi dalam tiga bagian. Di dalam ketiga bagian itu nampak meluasnya wilayah di mana Kabar Baik tentang Yesus disiarkan dan gereja didirikan:

  1. (1) permulaan pergerakan Kristen di Yerusalem setelah Yesus terangkat naik ke surga;
  2. (2) perluasan ke daerah-daerah lain di Palestina; dan
  3. (3) perluasan yang lebih besar lagi ke negeri-negeri di sekitar Laut Tengah sampai sejauh Roma.

Satu hal yang khas dan penting dalam buku Kisah Rasul-rasul ini ialah pekerjaan Roh Allah yang datang dengan kuasa ke atas orang-orang percaya di Yerusalem pada hari Pentakosta. Di dalam seluruh peristiwa-peristiwa yang tercatat dalam buku ini nyatalah bahwa Roh Allah itu terus-menerus memimpin dan menguatkan gereja beserta pemimpin-pemimpinnya. Berita yang diajarkan oleh agama Kristen pada masa-masa permulaan ini diringkaskan dalam sejumlah khotbah. Peristiwa-peristiwa yang dicatat dalam buku ini menunjukkan pula betapa berkuasanya berita itu di dalam kehidupan orang-orang Kristen dan di dalam ikatan persaudaraan gereja.

Isi

  1.  Persiapan untuk pemberitaan
    Kis 1:1-26
    1. a. Perintah yang terakhir dan janji dari Tuhan Yesus
      Kis 1:1-14
    2. b. Pengganti Yudas
      Kis 1:15-26
  2.  Pemberitaan di Yerusalem
    Kis 2:1-8:3
  3.  Pemberitaan di Yudea dan Samaria
    Kis 8:4-12:25
  4.  Pelayanan Paulus
    Kis 13:1-28:31
    1. a. Perjalanan pertama untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 13:1-14:28
    2. b. Musyawarah di Yerusalem
      Kis 15:1-35
    3. c. Perjalanan kedua untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 15:36-18:22
    4. d. Perjalanan ketiga untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 18:23-21:16
    5. e. Paulus sebagai tahanan di Yerusalem, Kaisarea, dan Roma
      Kis 21:17-28:31

Ajaran: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kasih Karunia Allah kepada bangsa-

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kasih Karunia Allah kepada bangsa-bangsa di dunia.

Pendahuluan

Penulis : Lukas.

Tahun : Sekitar tahun 61 sesudah Masehi.

Penerima : Seorang yang bernama Theofilus (Kis 1:1). (Dan kepada setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus).

Isi Kitab: Kitab Para Rasul terbagi atas 28 pasal. Di dalam Kitab ini terdapat sejarah berdirinya Gereja Kristen, khotbah-khotbah para Rasul, penganiayaan terhadap umat Kristen, penginjilan kepada bangsa-bangsa lain, serta permulaan adanya sebutan Kristen.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Kisah Para Rasul

  1. Pasal 1-5 (Kis 1:1-5:42).

    Pengajaran tentang kelahiran gereja Tuhan Yesus pertama kali

    Bagian ini menceritakan tentang amanat Tuhan Yesus yang diberikan kepada murid-murid-Nya sebelum Ia naik ke Sorga. Dan tentang orang-orang percaya setelah mendengar khotbah Rasul Petrus yang dikuasai oleh Roh Kudus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 1:8; 2:1-3,36-41. Nats ini menyatakan perkataan Tuhan Yesus bahwa murid-murid-Nya akan menerima kuasa setelah menerima Roh Kudus, dan perkataan Tuhan Yesus itu digenapi ketika Para Rasul berkumpul di Yerusalem. _Tanyakan_: Apakah saudara yakin sudah menerima Roh Kudus dan memiliki kuasa-Nya? Kalau sudah apakah yang harus saudara perbuat?
    2. Bacalah pasal Kis 2:41-47; 4:32-37.

      Nats ini menceritakan kehidupan orang-orang percaya pada abad pertama penuh dengan kasih terhadap sesama dan ketekunan dalam beribadah kepada Allah. _Tanyakan_: Bagaimanakah sifat saudara terhadap anggota gereja yang lain? Apakah saudara rajin ke Gereja, baca Alkitab dan berdoa?

  2. Pasal 6-12 (Kis 6:1-12:25).

    Pengajaran tentang perkembangan gereja yang berada dalam penganiayaan terhadap orang-orang percaya

    Orang-orang percaya di kota Yerusalem mengalami penganiayaan dari orang- orang Yahudi, sehingga mereka melarikan diri ke penjuru dunia. Tetapi di dalam segala penderitaan dan penganiayaan itu mereka tetap memberitakan Injil Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 7:54-60; 8:1-4. Nats-nats ini menceritakan bagaimana beratnya penderitaan dan aniaya yang dialami oleh orang-orang percaya, tetapi walaupun di dalam penderitaan dan aniaya itu mereka tetap setia beribadah dan memberitakan Injil. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap saudara kalau saudara diancam setelah masuk Kristen?
    2. Bacalah pasal Kis 9:1-22. Nats ini menceritakan tentang Saulus (Paulus) yang adalah seorang penganiaya orang-orang percaya, mengalami pertobatan dan akhirnya menjadi Rasul. Ini mengajarkan bahwa kuasa Tuhan Yesus dapat mengubah kehidupan seseorang yang sangat jahat sekalipun. _Tanyakan_: Sudahkah kehidupan saudara diubah oleh Tuhan Yesus menjadi kehidupan yang benar?
  3. Pasal 13-15 (Kis 13:1-15:41).

    Pengajaran tentang jemaat (gereja) setempat yang menginjil

    Bagian ini menjelaskan tentang kehidupan orang-orang percaya di kota Antiokhia, dan sebutan Kristen pertama kali diberikan kepada murid-murid Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 11:23-26. _Tanyakan_: Mengapa orang-orang percaya di Antiokhia disebut Kristen?
    2. Bacalah pasal Kis 13:1-6.

      Nats ini menceritakan tentang jemaat Antiokhia, yang mengirimkan penginjil-penginjil kepada bangsa-bangsa lain karena taat pada Roh Kudus. Ini mengajarkan pada setiap gereja untuk mempunyai beban penginjilan pada setiap orang yang belum mengenal Tuhan Yesus.

      _Tanyakan_: Apakah di gereja saudara mempunyai beban penginjilan?

  4. Pasal 16-28 (Kis 16:1-28:31).

    Pengajaran tentang nama Tuhan Yesus diberitakan ke seluruh dunia

    Dalam bagian ini, dijelaskan bagaimana Kasih Karunia Allah yang ada dalam Tuhan Yesus, diberitakan pada setiap suku bangsa, baik yang menjadi rakyat biasa, maupun yang menjadi tentara dan orang-orang istana.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Kis 23:11. Ayat ini menyatakan tentang perkataan Tuhan Yesus kepada Paulus untuk bersaksi dengan penuh keberanian di kota Roma. Ini juga mengajarkan pada setiap orang Kristen tetap mempunyai keberanian untuk bersaksi kepada setiap orang.

    _Tanyakan_: Sudahkah saudara bersaksi dengan berani kepada setiap orang?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab Kisah Para Rasul dapatlah diketahui bahwa perkembangan Gereja Tuhan Yesus dan Kasih Karunia Allah yang diberikan pada setiap bangsa mendapat tantangan dari kuasa dunia dan orang-orang yang tidak mau mengenal Allah. Tetapi melalui Kemahakuasaan-Nya, Tuhan Yesus mengalahkan semua kuasa dunia itu, dan Gereja tetap bertumbuh.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Kisah Para Rasul?
  2. Dengan kuasa apakah Rasul Paulus berkhotbah Yerusalem?
  3. Bagaimanakah kehidupan orang percaya pada abad pertama?
  4. Bagaimanakah beban penginjilan di jemaat Antiokhia?
  5. Dari manakah datangnya keberanian Rasul Paulus untuk bersaksi?

Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Kisah tentang gereja yang bersaksi SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh juga diberi judul Kisah Roh Ku

Kisah tentang gereja yang bersaksi

SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?
Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh juga diberi judul Kisah Roh Kudus, karena menceritakan apa yang terjadi setelah Roh Kudus turun atas para rasul pada hari Pentakosta. Lukas, satu-satunya penulis Perjanjian Baru yang bukan orang Yahudi, menulis Kisah para Rasul sebagai kelanjutan dari tulisan sebelumnya yakni Injil yang memakai namanya.

APAKAH ISI KITAB INI?
12 pasal pertama terutama meliput kegiatan rasul Petrus, sementara pasal-pasal selanjutnya sebagian besar tentang pekerjaan rasul Paulus. Yesus telah mengatakan kepada para murid-Nya bahwa apabila Roh Kudus turun ke atas mereka, mereka akan menjadi saksi-saksi-Nya. Kitab Kisah para Rasul memperlihatkan bagaimana hal ini digenapi. Dari kitab Kisah para Rasul, kita banyak sekali belajar tentang gereja mula-mula, suka dan dukanya, kemenangan dan kesusahannya, tetapi yang terpenting ialah perkembangan gereja yang dalam jangka waktu beberapa tahun sudah dibangun di seluruh dunia yang telah beradab. Kita tahu bahwa tabib Lukas adalah seorang sejarawan yang cermat dan kita boleh yakin bahwa dalam kitab ini kita memperoleh catatan yang benar tentang kekristenan yang mula-mula.

APA CIRI-CIRI UTAMANYA?
Kata 'saksi' dipakai lebih dari 30 kali, mengingatkan kita bahwa gereja yang sejati adalah gereja yang bersaksi dan setiap Kristen dipanggil untuk menjadi saksi. Sungguh menakjubkan bahwa hanya dalam satu generasi, orang-orang Kristen mula-mula ini telah mengabarkan Injil ke seluruh dunia yang sudah beradab. Kisah para Rasul merupakan buku pedoman misi yang terbaik yang pernah ditulis. Kisah para Rasul berakhir dengan tiba-tiba - seolah-olah tidak selesai. Suatu cara mengakhiri yang tepat, karena gereja yang bersaksi harus terus maju sampai Kristus datang kembali. Kitab-kitab Injil memperlihatkan apa yang mulai dilakukan oleh Kristus ketika Ia ada di dunia dan Kisah para Rasul menunjukkan apa yang dilakukan-Nya selanjutnya oleh Roh-Nya yang kudus melalui murid-murid-Nya. Kitab ini dimulai dengan pemberitaan Injil di Yerusalem, ibu kota agama bangsa Yahudi; diakhiri dengan pemberitaan Injil di kota Roma, ibu kota dari dunia yang beradab pada waktu itu.

KAPAN KITAB INI DITULIS?
Hampir dapat dipastikan bahwa tabib Lukas menulis Kisah para Rasul pada awal atau pertengahan tahun enam puluhan abad pertama - pada akhir masa dua tahun hukuman penjara rasul Paulus di Roma. Kitab itu mencakup masa dari pendirian gereja di Yerusalem sampai masa hukuman penjara rasul Paulus di Roma - yaitu kurang lebih tiga puluh tahun

Pesan

1. Gereja menanti dan menerIma kuasa Roh Kudus.
o Amanat agung diulangi. Kis 1:8
o Tuhan yang bangkit naik ke surga. Kis 1:9
o Para rasul berdoa. Kis 1:14
o Roh yang dijanjikan diberikan. Kis 2:4
o Disusul dengan khotbah yang penuh kuasa. Kis 2:37

2. Gereja mempertunjukkan persekutuan Kristen.
o Dalam kehidupan bersama. Kis 2:44; 4:32
o Dalam ibadah bersama. Kis 2:46

3. Gereja segera mengalami baik kemenangan maupun kesusahan.
o Penyembuhan orang lumpuh. Kis 3:2
o Penipuan Ananias dan Safira. Kis 5:1

4. Gereja mengangkat 'para pejabat' yang pertama -'Kelompok Tujuh Orang' (Kis 6:3).

5. Martir pertama gereja - Stefanus (Kis 7:60).

6. Gereja menerima seorang petobat baru yang luar biasa - Saulus dari Tarsus (Kis 9:1-19).

7. Gereja membuktikan kuasa doa.
o Persekutuan doa yang membuka pintu penjara. Kis 12:5

8. Gereja mengadakan sidangnya yang pertama yang di dalamnya kebebasan orang
bukan Yahudi dilindungi (Kis 15:19).

Penerapan

1.Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita apa yang harus dilaksanakan oleh gereja Perjanjian Baru:
o Pengajaran
o Persekutuan
o Pemecahan roti
o Kebaktian (doa-doa)

2. Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya persekutuan Kristen itu:
o Saling berbagi hidup dan memperhatikan

3. Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya pekerjaan misi dilaksanakan:
o Oleh setiap orang yang dipanggil oleh Allah - bukan suatu golongan elit tertentu
o Di bawah pimpinan Roh Kudus
o Mengunjungi tempat-tempat yang strategis

4. Kisah para Rasul mengingatkan kita bahwa Kristen yang sungguh-sungguh sekalipun, kadang-kadang berbeda pendapat dan berpisah.
o Paulus dan Barnabas mengambil sikap yang berbeda terhadap Yohanes Markus ketika ia meninggalkan mereka, tetapi perbedaan ini kemudian dipulihkan.

5. Kisah para Rasul memperkenalkan kita kepada para pemimpin pertama yang diangkat dalam gereja Kristen dan memberitahukan kepada kita apa persyaratan mereka.

Tema-tema Kunci

1. Bersaksi.
Kata Yunani yang diterjemahkan menjadi 'saksi' berhubungan dengan kata 'martir'.
Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita betapa tinggi harga yang harus dibayar
dalam bersaksi - Stefanus harus membayar dengan nyawanya dan kesaksian Petrus
dan Paulus menyebabkan mereka dipenjarakan.
Carilah ayat-ayat lain yang mengandung kata' saksi'. Bandingkan siksaan yang
diterima oleh Stefanus dengan kematian Kristus di kayu salib (Luk. 23:34; Kis. 7:60).

2. Pertobatan.
Kisah para Rasul mencatat sejumlah peristiwa pertobatan yang unik. Keempat
contoh di bawah ini memperlihatkan bagaimana Allah membawa laki-laki dan
perempuan kepadaNya dengan berbagai cara: O Sida-sida dari Etiopia yang dibawa
kepada Kristus melalui pembacaan Kitab Suci (Kis 8:30).
o Saulus dari Tarsus, yang hidupnya berubah secara tiba-tiba dan dramatis (Kis 9:1-19).
o Lidia, wanita yang taat beribadah, yang telah siap menerima Injil (Kis 16:14).
o Kepala penjara Filipi yang mencari keselamatan karena didorong oleh rasa takut
(Kis 16:29, 30).
Carilah ayat-ayat yang berhubungan dengan keempat pertobatan di atas serta
bandingkanlah cara-cara yang Allah pakai waktu itu dan sekarang untuk membawa
orang kepada-Nya.

3.Tim penginjilan.
Kita melihat di dalam Kisah para Rasul pola kerja misionaris. Paulus tidak saja
menetapkan tempat-tempat yang strategis dan berusaha menyebarkan kabar baik di
daerah sekelilingnya, tetapi ia juga mempunyai rekan penolong.

Perhatikanlah kampanye Paulus yang berbeda-beda dalam perjalanan misionarisnya
yang tercatat dalam Kisah para Rasul.

Garis Besar Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) [1] PENGANTAR Kis 1:1-26 Masa empat puluh hari dan sesudahnya: Kis 1:1-11Janji tentang Roh Kudus Kis 1:12-14Para murid yang menanti Kis 1:15-2

[1] PENGANTAR Kis 1:1-26

Masa empat puluh hari dan sesudahnya:

Kis 1:1-11Janji tentang Roh Kudus
Kis 1:12-14Para murid yang menanti
Kis 1:15-26Penggantian Yudas

[2] BERSAKSI DI YERUSALEM Kis 2:1-7:60

Kis 2:1-47Kuasa diberikan dan khotbah penuh kuasa
Kis 3:1-26Mukjizat pertama yang dicatat dalam gereja mula-mula
Kis 4:1-31Timbulnya kaum oposisi
Kis 4:32-5:16Berkat dan cela
Kis 5:17-42Lebih menaati Allah daripada manusia
Kis 6:1-7:60Martir Kristen pertama

[3] BERSAKSI DI SAMARIA Kis 8

[4] BERSAKSI DI TEMPAT YANG LEBIH JAUH Kis 9:1-13:3

Kis 9Pertobatan yang luar biasa
Kis 10:1-11:30Mata Petrus terbuka
Kis 12:1-25 Petrus ditangkap
Kis 13:1-3Paulus dan Barnabas diutus

[5] BERSAKSI SAMPAI KE UJUNG DUNIA Kis 13:4-28:31

Kis 13:4-15:35Perjalanan misionaris yang pertama

o Siprus (Kis 13:4-12)

o Perga (Kis 13:13)

o Pisidia Antiokhia (Kis 13:14-52)

o Ikonium (Kis 14:1-6)

o Listra (Kis 14:6-20)

o Derbe (Kis 14:20-21)

o Sidang di Yerusalem (Kis 15:1-35)

Kis 15:36-18:22Perjalanan misionaris yang kedua

o Paulus dan Barnabas berpisah (Kis 15:36-41)

o Paulus mengunjungi Listra (Kis 16:1-3)

o Berbagai kota di Asia Kecil (Kis 16:4-11)

o Filipi (Kis 16:12-40)

o Tesalonika (Kis 17:1-9)

o Berea (Kis 17:10-14)

o Atena(Kis 17:15-34)

o Korintus (Kis 18:1-17)

o Kembali ke Antiokhia
Kis 18:23-21:17Perjalanan misionaris yang ketiga

o Paulus mengunjungi Efesus (Kis 18:23-19:40)

o Berangkat ke Yerusalem (Kis 20:1-16)

o Berpidato di depan para penatua di Efesus (Kis 20:17-38)

o dan akhirnya tiba di Yerusalem (Kis 21:1-17)

Kis 21:18-28:3Paulus berhadapan dengan para penguasa

o Didakwa dan ditangkap (Kis 21:18-40)

o Membela diri (Kis 22-26)

o Dalam perjalanan ke Roma (Kis 27:1-28:15)

o Paulus masih berkhotbah (Kis 28:16-31)

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #05: Coba klik dua kali sembarang kata untuk melakukan pencarian instan. [SEMUA]
dibuat dalam 2.98 detik
dipersembahkan oleh YLSA